country country




Berita Terbaru

cover-image

 

Carmelita Hartoto, Ketua Umum Asosiasi Pemilik Kapal Nasional Indonesia (INSA) mengatakan jika saat ini pasar domestik pelayaran nasional sudah cukup baik dan dipenuhi oleh armada kapal nasional.

Ia bahkan menambahkan di beberapa sektor malah terjadi over supply, seperti halnya pasar angkutan kontainer yang dinilai persaingannya sangatlah ketat.

"Untuk pasar domestik, pelayaran nasional sudah menjadi tuan rumah di negeri sendiri atau artinya semua komoditas dalam negeri sudah bisa dipenuhi oleh armada kapal nasional. Beberapa sektor malahan terjadi over supply, seperti halnya pasar angkutan kontainer, dimana persaingannya sangatlah ketat," jelasnya kepada Kontan, Jumat (12/2).

Ia melanjutkan, sementara itu angkutan migas didominasi oleh BUMN Pertamina, baik dengan armada milik maupun charter kepunyaan mitra dalam negeri.

Adapun angkutan tambang atau mineral juga sudah bisa di kerjakan oleh armada nasional.

Carmelita melanjutkan, walaupun ada BUMN Bahtera Adhiguna sebagai anak usaha PLN untuk menjaga kebutuhan batubaranya, angkutan tambang atau mineral tetap masih memiliki peluang untuk kebutuhan powerplant yang lainnya.

"Misalnya hasil tambang yang lain seperti nickel ore, iron ore, ferro nickel dan lainnya. Pemerintah memiliki kebijakan yang melarang hasil tambang mentah," sambungnya.

 

Source : https://newssetup.kontan.co.id/news/insa-semua-komoditas-dalam-negeri-sudah-bisa-dipenuhi-oleh-armada-kapal-nasional