country country




Berita Terbaru

cover-image

 

Berawal dari nasionalisasi perusahaan pelayaran belanda NV Nederlandsch-Indische Steenkolen Handel-Maatschaappij (NV. NISHM) yang berubah namanya menjadi PN Menunda Kapal Tundabara di tahun 1961. Di tahun 1966, namanya berubah lagi menjadi PN Bahtera Adhiguna dengan bisnis utamanya pengangkutan batu bara dan layanan penarikan tongkang. Berdasarkan PP No 15 pada tahun1971 PN Bahtera Adhiguna berganti menjadi PT. Pelayaran Bahtera Adhiguna (Persero).

Pada tanggal 5 Agustus 2011 sesuai PP No 20 tahun 2011 dilakukan penambahan penyertaan modal Negara RI kepada PT PLN (Persero) dalam bentuk pengalihan seluruh saham milik Negara pada PT BAg dialihkan ke PT PLN (Persero). Sehingga status PT BAg yang semula BUMN menjadi salah satu anak perusahaan PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) dengan bisnis utama penyelenggaraan moda angkutan transportasi batubara untuk pengamanan pasokan ke pembangkit-pembangkit milik PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) dan Independent Power Producer (IPP).

Pada saat awal bergabung dengan PT PLN (Persero), PT BAg hanya memiliki 1 Kapal jenis Self Unloading Vessel (SUV) dan 1 kapal jenis Panamax dengan total muatan ± 2,7 juta MT.  Setelah 10 tahun bergabung dengan PT PLN (Persero), saat ini PT. BAg sudah memiliki 11 unit armada yang terdiri dari 2 (dua) unit kapal SUV (Self Unloading Vessel), 2 (dua) unit kapal Panamax, 1 (satu) unit kapal Handysize, 2 (dua) unit kapal Supramax, serta 4 (empat) set kapal tunda (tugboat) dan tongkang (barge). Selain itu, dengan semakin bertambahnya volume angkutan batubara yang diangkaut, maka saat ini PT BAg bersama perusahaan pelayaran KSO nya melayani angkutan batubara ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) milik PLN Group dengan volume angkutan lebih dari 24,88 juta MT.

Untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang terkait dengan pelayaran dan PLTU, maka saat ini BAg sudah mengembangkan usahanya dengan jetty management, dreding/pengerukan alur serta kolam labuh PLTU, sehingga dapat memberikan nilai tambah kepada PT PLN (Persero)

Setelah 10 (sepuluh) tahun PT BAg menjadi Anak Perusahaan PT PLN (Persero), PT. BAg yang berkantor pusat di Jakarta dan 1 kantor perwakilan di PLTU Tanjung Jati B Jepara Jawa Tengah serta 1 kantor perwakilan di PLTU Pangkalan Susu dengan jumlah pegawai mencapai 48 orang, semakin tumbuh dan berkembang menjadi Perusahaan Angkutan Batubara yang berkompeten dan bersama perusahaan Pelayaran KSO menjaga supply batubara agar tetap terjamin untuk kepentingan listrik nasional.