country country




Berita Terbaru

cover-image

 

Penanaman Pohon Mangrove Untuk Kelestarian Lingkungan

PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (PT BAg) berkomitmen untuk ikut berperan serta dalam menjaga dan melestarikan lingkungan di sekitarnya. Hal ini diimplementasikan dalam berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan, salah satunya adalah penanaman pohon mangrove di Lokasi Taman Wisata Muara Angke Pantai Indah Kapuk (28/9).

Peran serta PT BAg dalam penanaman pohon Mangrove ini dilakukan untuk ikut menjaga keberlangsungan ekosistem dan mencegah kerusakan lingkungan di Jakarta dan sekitarnya. Dengan ditanamnya pohon mangrove maka akan mencegah abrasi air laut yang melindungi tepi pantai dari gempuran ombak, selain itu erosi akibat abrasi juga dapat dicegah. Erosi pantai bisa mengakibatkan bibir pantai tergerus sehingga bisa menyebabkan bencana alam. Selain itu, hutan mangrove ini  juga dapat mengurangi efek pemanasan global karena dapat membendung panas angin laut yang datang ke daratan.

Hutan Mangrove ini juga menyediakan banyak efek domino terhadap peningkatan keanekaragaman Hayati di wilayah utara Jakarta, seperti kepiting bakau, beragam jenis ikan, serangga, dan juga hewan-hewan yang mengonsumsi biji atau buah mangrove. Sementara itu, kawasan penanaman mangrove yang sudah terbentuk dengan baik dapat dijadikan sebagai sumber mata pencaharian bagi warga sekitar, tidak hanya dari pengelolaan hasil pohon mangrove berupa produk-produk kuliner dan kerajinan, juga dengan dijadikannya kawasan agrowisata ini akan lebih berkembang.

Direktur Utama PT BAg, Ruly Firmansyah, berharap dengan tambahan penanaman pohon mangrove ini, akan memberikan dampak multiplier baik untuk kelestarian lingkungan, ekonomi sekitarnya dan keberlangsungan generasi yang akan datang.

#BAgUs
#BAgUntukNegeri
#CorporateSocialResposibility
#PenanamanMangrove
#SecuringSupplySustainability