country country




Berita Terbaru

cover-image

 

 

Kamis, 14 Oktober 2021

Dalam rangka pengelolaan Fleet Management yang baik, Divisi Armada di PT Pelayaran Bahtera Adhiguna mempunyai peran untuk memaksimalkan efisiensi, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan keselamatan suatu aset yang beroperasi (Kapal Milik) maupun operator asset (Crew Kapal) tersebut. Untuk mencapai tujuan ini, dibutuhkan kombinasi sistem yang mampu melacak posisi kapal, melaporkan konsumsi bahan bakar, memantau evektifitas kinerja crew, dan manajemen pemeliharaan kapal. Semua fungsi beragam tersebut harus bisa dikelola dalam suatu sistem dalam rangka meningkatkan dan membantu efektivitas proses kerja.

PMS (planned maintenance system) adalah sistem terintegrasi yang menunjang kinerja Divisi Pemeliharaan Armada sebagai Asset Manager maupun Asset Operation dalam memonitor dan menjalankan operasi kapal milik berupa Vessel maupun Tug Boat. Software PMS juga dikombinasikan dengan Software Ship Tracking serta Fuel Monitoring. Ship Tracking berperan untuk memonitor update lokasi terkini atas suatu shipment kapal milik dalam voyage tertentu. 
Sedangkan Fuel Monitoring berfungsi untuk memonitor pemakaian BBM realtime pada saat kapal beroperasi untuk mengukur pemakaian bbm hubungannya pengaruh konsumsi bahan bakar terhadap pengaruh kondisi operasi : arus laut normal/kuat, cuaca normal/ekstrim, sehingga bisa dievaluasi hubungannya dengan efisiensi pemakaian BBM.

Penjelasan terkait digitalisasi armada dan efektifitas proses kerja ini disampaikan oleh Manajer Pemeliharaan Armada PT Pelayaran Bahtera Adhiguna, Idaman, dalam acara Sharing Session yang diikuti oleh pegawai PT BAg tanggal 14 Oktober 2021. Sharing session ini dilakukan sebagai bentuk budaya AKHLAK di PT BAg, yaitu dengan terus belajar dan berkembang bersama, berkolaborasi untuk mencapai tujuan organisasi.


#BAgUS
#SecuringSupplySustainability 
#FleetManagement